27 Oktober 2014

ARMADA GKJ Bekasi



(tulisan Bpk. Trisno Sanyoto 
di Majalah Gema Wacana GKJ  Bekasi)


REGENERASI SETIA



Generasi gereja secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu masa di mana umat mempunyai 
keunikan identitas dan memberi ciri dirinya pada perubahan sejarah atau zaman. GKJ dalam 
perjalanan hidupnya, memiliki dua generasi; yaitu generasi “Piwulang Agami Kristen” dan 
generasi “PPA GKJ”. Suatu generasi selalu harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan pada 
zamannya dalam menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan cita-cita luhur para pendahulunya.
Masingmasing generasi harus berani menghadapi tantangan yang khas pada masanya sesuai 
dengan konteksyang berkembang. Penangannya harus secara holistik untuk mendapatkan 
tatanan yang pas sehingga tidak menimbulkan gejolak. Hanya dengan modal visi dan misi saja 
tidaklah cukup, karena gereja dituntut untuk melaksanakan visi dan misinya secara kontekstual.
   Pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan dan sumber 
insani bagi pembangunan gereja. Selain itu pemuda mempunyai peran sebagai pendekar intelektual 
dan social. Pemuda selain mempunyai ide-ide atau gagasan yang cemerlang, juga berperan sebagai 
pembawa perubahan dalam kehidupan bergereja. 
REGENERASI. 
Berbicara mengenai organisasi; dimanapun, regenerasi adalah proses yang sungguh-sungguh direncanakan dan dipersiapkan. Dalam kehidupan bergereja, proses regenerasi lebih tepat 
disebut regenerasi kaderisasi. Pada hakikatnya system regenerasi-kaderisasi adalah tempat para “tunas-tunas baru” berproses, digembleng serta dipersiapkan sebagai 
pemimpin pada generasi berikutnya. Regenerasi-kaderisasi gereja diperlukan untuk menjamin kelangsungan eksistensi serta kesinambungan nilai-nilai 
budaya yang menjadi coraknya. Armada (Anak ReMAja pemuDA) GKJ Bekasi telah melakukan 
suatu terobosan yang berani dengan mengadakan acara “Regenerasi setia” pada tanggal 11 & 
12 September 2014 di Wisma Kinasih Cimanggis, Depok. Penatua Trisno Sanyoto mengawali 
penggemblengan dalam kemasan renungan Jumat pagi jam 5.00 dengan mengambil tema 
“Spriritualitas untuk menumbuhkan kebersamaan”. ”Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya 
jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja, tetapi jika ia 
mati, ia akan menghasilkan banyak buah” (Yoh 12:24). Semangat inilah yang hendaknya 
dibangun, supaya pemuda berani mematikan egoisme diri. Manusia mati bila hidup untuk diri 
sendiri, manusia hidup bila mati terhadap diri sendiri. Dalam kematian ada kehidupan!. Sekian 
ribu tahun yang lalu, Allah menciptakan manusia sesuai talenta spesifik dan unik kepada masing-
masing manusia hingga hari ini. Sebetulnya, secara sederhana dapat dimengerti bahwa sejak 
awal, Allah sudah menetapkan: bahwa manusia dalam menjalani kehidupan harus bekerja dalam 
kelompok atau berdemokrasi. Bila orang per orang tidak mau mematikan egoismenya, maka 
yang terjadi hanyalah penonjolon diri atau kelompok seperti yang saat ini sedang terjadi di 
Republik Indonesia. Padahal, Allah sudah dan akan terus menciptakan manusia dengan talenta 
yang berbeda-beda.
Didalam kehidupan bergereja, tentunya hal ini harus diresponi sebagai dasar menjalani 
kehidupan sehari-hari. Jangan egois, karena manusia memerlukan orang lain untuk hidup. Dalam 
perbedaan talenta yang spesifik dan unik ada kesatuan yang tumbuh untuk kepentingan 
lingkungan dan kemuliaan Tuhan. Opa Tris menekankan tiga hal principal dalam menjalani 
kebersamaan sebagai persyaratan agar dapat berjalan dengan smooth. Pertama “Trust”. Harus 
ada kepercayaan antar sesama anggota untuk menuju cita-cita bersama. Tidak boleh ada 
perasaan saling curiga atau under-
estimate. Harus ada kepercayaan kepada Allah sang pencipta bahwa “talenta” yang ditanamkan 
kepada masingmasing manusia harus di eksplore untuk menciptakan sinergy. Harus ada 
kepercayaan bahwa eksplorasi
 talenta akan membawa berkat yang berlipat-lipat sesuai janjiTUHAN. Sinergy yang tumbuh 
akan membawa gereja semakin menjadi berkat bagi umatNya dan diri sendiri. Kedua “Alignment
 atau keselarasan. Gerak langkah masing-
masing anggota tim harus selaras dan focus menuju sasaran yang ditetapkan bersama. Contoh 
 unalignment yang sangat konkrit dikisahkan oleh Alkitab dalam kehidupan “Yunus”. Tuhan 
menghendaki bahwa tujuannya adalah Niniwe tetapi karena egoismenya sendiri Yunus justru 
menuju ke Tarsis. Maka yang terjadi, Yunus menjadi masalah bagi lingkungan dan dirinya sendiri. 
Walaupun pada akhirnya ditolong juga oleh TUHAN ketika Yunus mengakui dosanya. Yunus 
sempat ditelan ikan besar sebagai drama ketidak selarasannya. Bayangkan kalau sekarang 
berjalan tidak selaras lalu ditelan ikan besar, maka outputnya pasti jadi “pupuk”. Keselarasan 
kerja dalam tim adalah sangat penting untuk menghasilkan output yang maksimal. Ketiga 
Capability”. Kemampuan yang paling diperlukan agar kebersamaan dapat berjalan mulus adalah 
“mematikan egoisme diri”. Setiap manusia memiliki kemampuan tersebut! Masalahnya,… adakah 
niat dan ketulusan hati atau tidak untuk melakukannya. Kalau soal kemampuan akademik, manusia
 memiliki ratio untuk berpikir realistis “tidak perlu” diragukan lagi. Perkembangan peradaban 
manusia sangat memungkinkan seseorang menjadi pandai karena berbagai fasilitas tersedia 
melimpah didalam database public dan tinggal di downdload. Kemampuan lain yang sangat 
diperlukan dalam menjalankan hidup kebersamaan adalah timbulnya unsur-
unsur: Sehati & Sepikir (Satu Visi), Kerendahan Hati, dan Rela Berkorban. Demikian uraian 
singkatrenungan yang dibawakan Opa Tris dalam memacu emosi Armada untuk bangkit menuju 
kebersamaan yang dikehendaki Tuhan Yesus Kristus. Sebagai “generasi tua” sejujurnya, saya 
akui bahwa jalannya pembinaan patut mendapat acungan jempol. Mas Niko sebagai PIC sangat 
piawai dalam membuat suasana pembinaan sangat dinamis dan cair. Inilah bukti bila seseorang 
mau mengeksplore talenta maka tidak saja diri sendiri yang semakin diberkati, tetapi juga 
lingkungan dimana kita mengambil peran juga diberkati. Disisi lain, bang Dodo(Pendeta Lusindo 
Tobing) menekankan pengertian “setia” yang digambarkan dalam Triangle of spiritual balance 
and health (Segitiga keseimbangan spiritual dan kesehatan rohani). Dari sisi manusiawinya bang 
Dodo menekankan pentingnya rela berkorban (berani bayar harga) seperti diaktualisasikan 
oleh Maria ketika meminyaki kaki Yesus dengan minyak narwastu yang sangat mahal. Mungkin 
Maria berpikir apalah artinya sebotol minyak narwastu, bila dibandingkan berkat Tuhan yang 
selalu melimpah dalam hidupnya. Inilah arti dari “persembahan” yang tulus karena Tuhan Yesus 
Kristus telah terlebih dahulu memberkati manusia dengan talenta yang spesifik dan unik, menjadi 
berkat bagi kehidupan menusia dimanapun dan berkelimpahan. Walau, selalu saja ada watak 
manusiasepertiYudasyangmewakili manusiamanusia bebal dalam kehidupan masa kini yang 
berpikiran negatif. Maria tidak saja berani bayar harga,tetapi mau merendahkan diri membasuh 
kaki Yesus dengan rambutnya. Rambut bagi wanitamerupakan symbol kehormatan. Bagi Maria 
figure yang palingterhormat di alam semesta ini adalah sang Juru Selamat. Melalui firman ini ada 
pesan moral yangingin disampaikan bahwa keseimbangan spiritual dan kesehatan rohani dalam 
menjalani 
kehidupan, dinyatakan dalam bentuk “berani bayar harga dan merendahkan diri” yang 
merupakan kunci “setia” harus dimiliki oleh setiap insane Armada GKJ Bekasi.
Tema besar ARMADA GKJ Bekasi yaitu “Regenerasi Setia” yang diangkat dalam pengkaderan 
kali ini menjadi perhatian serius bagi bang Dodo. Beliau mengingatkan akan arti kesetiaan dan 
unsure kesetiaan itu sendiri, mengapa kita harus setia? Satu kalimat sederhana yang 
menginspirasi dari kata setia adalah: “Karena Tuhan kita setia, aku dan kamu berjuang setia”. 
Setia, satu kata sederhana yang tiap hurufnya memiliki arti yang dalam, 
Syukur, mengingatkan kita semua untuk tetap bersyukur dan tidak bersungut-sungut dalam melayani. Erat, mengajak kita untuk saling bergandengan tangan atau memeluk setiap 
anggota komisi bahkan komisi lainnya. Saat ini komisi anak, komisi remaja dan komisi pemuda tidak 
lagi terkotak-kotak dalam tiga kelompok yang berbeda, tetapi sudah menjadi satu keluarga yaitu 
keluarga besar ARMADA GKJ Bekasi. Terbaik, menjadi satu kata yang sangat penting ditengah2 
kesetiaan, semut yang disebutkan dalam alkitab menjadi teladan bagi setiap orang untuk tidak malas 
dan selalu mempersembahkan yang terbaik dimanapun dan kapanpun. Inspirasi, adalah tindakan 
nyata terselenggaranya acara ini. Kita bersyukur bahwa salah satu unsure kesetiaan sudah dapat kita 
wujudkan dalam acara ini. Bang Dodo menegaskan saat kita menjadi inspirasi bukan lagi 4L (Lu Lagi 
Lu Lagi) tetapi kita menjadi L4in (Lain Lagi Lain Lagi). Hal ini terbukti; melalui foto2 kegiatan 
ARMADA 
GKJ Bekasi di face book menjadi inspirasi dan berkat bagi GKJ Tlogosari Semarang untuk melakukan 
hal yang sama. Huruf terakhir dari kata setia adalah Alfa-omega, seperti Tuhan Yesus yang melayani 
sampai titik akhir dengan mengorbankan diriNya di kayu salib. Demikian pula para pengurus ARMADA
harus berani berjuang sampai akhir dengan terus bersyukur, bergenggam erat, selalu memberikan 
yang terbaik dan menjadi inspirasi. 
Untuk lebih mempersatukan kebersamaan diantara tiga komisi, Bang Dodo mengemasnya dalam 
bentuk game dengan judul  Tiap langkahku... ‘ku tahu yang Tuhan pimpin”. Ternyata game 
yang dilakukan tidak saja dapat menumbuhkan kebersaman dan keeratan diantara keluarga 
ARMADA GKJ Bekasi, tetapi secara nyata menunjukkan nilai-nilai yang terdapat dalam kata 
“SETIA”. Melalui game ini pula, cairlah kebekuan komunikasi sehingga dapat saling bercanda 
tawa, saling melengkapi, dan saling membaur. Kegiatan ini menjadi bukti nyata, bahwa tidak 
ada lagi anak, remaja, atau pemuda, tapi yang sungguh-sungguh ada benar-benar satu keluarga, ARMADA GKJ Bekasi.
Ketika tiba saatnya bang Dodo sambil tersenyum simpul mempersilahkan masing-masing komisi memperagakan hasil karya kolaborasi “Tiap langkahku... ‘ku tahu yang Tuhan 
pimpin”. Giliran pertama tampil Komisi Anak menunjukkan kebolehannya dipimpin langsung oleh 
majelis pendampingnya Pnt. Yuyun. Sungguh sangat mengagumkan bagaimana mereka 
mengexpresikan anak-anak merasakan pimpinan Tuhan saat mendengar panggilanNya "Biarkan anak-
anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah”. Bravo Komisi 
Anak.
Selanjutnya Komisi Remaja didampingi majelis pendampingnya Pnt. Ariadi Wibowo dipersilahkan 
unjukgigi. Dengan senyum menempel dipipi seorang peserta “tertinggi” dari Komisi Remaja dijadikan 
“korban” menjadi yang Maha Tinggi. Sungguh luar biasa mereka menggambarkan bagaimana 
seharusnya mempersembahkan “dupa yang harum” bagi sang Khalik melalui gerakan nyata sebagai 
simbol pernyataan “inilah aku Tuhan, pakailah aku untuk menjadi alatMu.” Lagi-lagi para pengamat: 
pendeta Heri, Pnt. Taufanti Suryandari Ganif, Pnt. Trisno Sanyoto bapak Abimanyu sangat terharu 
karena menyadari sedemikian ekpresifnya para generasi penerus memiliki semangat melayani. Bagian 
terakhir giliran Komisi Pemuda unjuk kebolehan. Sambil, mégal mégol bak penari teater mereka tidak 
mau kalah mengexpresikan “Tiap langkahku... ‘ku tahu yang Tuhan pimpin” dengan gaya anak 
mudanya yang energik. Sepanjang pementasannya dalam waktu yang sangat sempit mereka tampil beda. Mereka asyik bergaya tanpa beban seolah sedang mengiringi Tabut Perjanjian sambil mégal-mégol 
menari dengan santainya. Emang gué pikirin lu mau omong apé. Nih.. liat.. gué lagi menyenangkan 
hati Tuhan. Luaar biasa! Semangatnya heboh berat.
Dalam perbincangan kecil sambil makan siang kami bertiga Pdt. Lusindo Tobing dan Pdt. Heri 
saling berkomentar, andai kegiatan semacam ini dilakukan oleh banyak Komisi Gereja pasti 
dampaknya akan sangat baik bagi perkembangan kepemimpinan gereja. Bayangkan satu contoh 
kecil suatu game yang belum di jelaskan secara utuh langkah-langkah yang harus dilakukan tetapi ada satu step lebih maju dimana peserta sudah dapat 
melaksanakan langkah-langkah lanjutannya. Demikian Pdt. Lusindo memberikan penekanan. Hal ini membuktikan suatu 
premise, bahwa talenta yang ditanamkan Tuhan Yesus kepada masing-masing insane bila diekplore dengan tepat akan menghasilkan synergy yang sangat membanggakan. 
Jalannya proses kaderisasi diacungi jempol oleh bang Dodo yang mewakili hamba Tuhan, beliau 
mengapresiasi bahwa untuk pertama kali terjadi di GKJ sebuah pengkaderan diikuti oleh sekaligus 
tiga Komisi dalam satu waktu secara bersamaan (Komisi Pemuda, Remaja dan Anak). 
Giliran pendeta Oktavianus Heri P membawakan topik makna suatu perubahan kepemimpinan. 
Dengan gayanya yang khas, beliau mengajak semua peserta mengambil inisiatif demi tercapainya
 mendapatkan pengertian tentang makna regenerasi. Dengan metode dialogis beliau mengajak 
 peserta terlibat dalam menentukan, memandang atau mengartikan, suatu makna regenarasi. 
Melalui persepsi yang dibangun, peserta secara aktif mengadakan hubungan dengan 
lingkungannya dan hasilnya lagi-lagi mengagumkan. Sebagai penutup acara pengkaderan, 
Minggu pagi acara diawali renungan singkat yang disampaikan oleh Pnt. Taufanti Suryandari. 
Menjelang pulang kembali ke Bekasi, Pnt. Yayuk (Ketua Majelis GKJ Bekasi), Pnt. Titiek, 
Pnt.SihNugroho, Bpk. Subardi dan Mas Elly membekali Armada GKJ Bekasi pengetahuan tentang 
manajemen, struktur organisasi, birokrasi, dan pengawasan/pengendalian gereja. Lengkaplah 
sudah acara demi acara yang sangat padat tetapi menyenangkan. Akhirnya pada ibadah variatif 
jam 17.00 ARMADA GKJ Bekasi memberikan kesaksian pujian dengan menyanyikan theme song 
“ARMADA GKJ Bekasi” dan lagu “Hei kami yang muda”. Theme song ARMADA diharapkan 
akanmenguatkan seluruh insane Armada untuk tetap setia melayani Tuhan. Puji Tuhan, program 
perdana pengkaderan di GKJ Bekasi berjalan dengan baik oleh karena adanya kebersamaan dan 
semangat yang dianugerahkan Tuhan Yesus Kristus.


Disusun oleh Tim steering committee ARMADA GKJ Bekasi

18 Agustus 2014

PENGGUNAAN KATA ALLAH




PENGGUNAAN KATA ALLAH





Sesungguhnya kata Allah berasal dari rumpun bahasa Aram, yaitu Al dan Ilah. Kata Ilah diartikan 
sebagai Tuhan (TUHAN) yang disembah dan Yang Maha Kuasa. Penambahan kata sandang Al
sehingga menjadi Al-Ilah. Kata Allah dipakai sebagai penyebutan nama Pribadi untuk menyebut 
Yang Maha Esa, Maha Kuasa dan Pencipta Alam semesta. 

Kata Allah sudah ada dan dikenal sejakmasa awal (konteks Perjanjian Lama) masyarakat Timur Tengah.
Misalnya, Abraham, Ishak, Yakubsudah menyembah El yang Esa, di Alkitab bahasa Indonesia, 
menggunakan kata Allah.Demikian juga, suku Hanif di jazirah Arab, mereka sudah melakukan 
penyembahan bersifat monotheis.Penduduk kota Mekah [sebelum munculnya Agama Islam] juga 
mempunyai keyakinan pada Allahsebagai Pencipta langit dan bumi, mengatur tata surya, menguasai 
iklim dan musim dan lain sebagainya.

Tetapi ada sekelompok orang yang katanya ingin menjaga kemurnian nama yang disembah orang Kristen itu ternyata telah menimbulkan dampak konflik intern yang menjurus kepada perpecahan.
Sangat memprihatinkan kalau di satu gereja orang berdoa, “Kami usir roh Allah”, sedangkan di gereja 
lain umat berdoa, “Penuhi kami dengan Roh Allah”.  Apakah ini tidak mengoyak tubuh Kristus?  
Akibatnya akan muncul jemaat sempalan yang membentuk gereja baru karena pemahaman yang 
kurang luas tentang teologi dan perkembangan latar belakang budaya serta bahasa. 

Sejauh ini di Indonesia belum pernah ada kasus konflik melibatkan IslamKristen yang dipicu 
persoalan nama Allah.  Sebaliknya bila kita menyebut nama Allah sebagai dewa air atau dewa bulan 
yang disembah orang Arab dan Islam, bukankah itu merupakan penyebar ketidakbenaran yang bisa 
mengakibatkan pertikaian?  Bagi Islam sendiri bulan tidak dianggap sebagai Tuhan, lambang bulan 
hanyalah sebagai petunjuk ritme waktu (kalender lunar).  Sebenarnya masalah nama Allah di Indonesia 
justru banyak ditimbulkan oleh kalangan Kristen sendiri. Misalnya dengan munculnya tulisan yang 
cenderung menyudutkan dan merendahkan arti kata “Allah”.

Mengenai permasalahan yang terjadi di Negara tetangga kita, Malaysia, tentang penyebutan “Allah”, 
cukup menarik memperhatikan pendapat yang disampaikan oleh Nahdlatul Ulama dalam Okezone.com:
NU sebagai Organisaasi Kemasyarakatan berbasis massa Islam terbesar di Indonesia, menyayangkan 
terbitnya keputusan pelarangan penggunaan kata “Allah” untuk penyebutan nama Tuhan oleh 
non-Muslim. Keputusan itu terjadi di Malaysia. 
 
“Kami menyayangkan adanya keputusan itu, karena ahlul kitab mereka, ahlul kitab-nya Kristen dan 
Yahudi itu menyebut nama Tuhan dengan kata Allah,” ungkap Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 
Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj dalam keterangan pers. Yang membedakan Islam dengan Kristen 
dan Yahudi adalah adanya kemusrikan dan akhlak tak mulia. Jika Kristen dianggap musyrik karena 
menyekutuhan Allah, yaitu memiliki ruhil qudus dan Yesus sebagai Tuhan selain Allah, sementara 
Yahudi hanya memiliki Allah sebagai Tuhan, namun akhlaknya tidak mulia. 
 
Kiai Said yang tercatat bergelar Doktor lulusan Universitas Ummul Qura’, Mekah, juga mengatakan, 
penyebutan nama Tuhan yang berbeda bisa diterapkan untuk Hindu dan Budha, yang di kitab sucinya 
secara jelas disebutkan berbeda. (sumber: Okezone.com, 21 Okt 2013).

Dalam Alkitab [LAI, TB], pemakaian kata Tuhan Allah [Alkitab bahasa Ibrani, YHWH EL] sebanyak 
57 kali dan  hanya pada PL; sedangkan kata Tuhan Allah, sebanyak 9 kali [satu kali dalam PL dan 
8 kali di PB]. Pemakaian tersebut diterjemahkan dari YHWH El [bahasa Ibrani] dan Kyrios Theos 
[bahasa Yunani]. Semuanya menunjukkan bahwa Allah yang dipercaya dan disembah oleh orang 
Kristen adalah TUHAN.Semua umat percaya perlu bersatu untuk melaksanakan hal yang lebih positif  
dan berbuah nyataseperti melaksanakan Amanat Agung Yesus. Daripada meributkan masalah yang 
sebetulnya tidakterlalu esensial seperti cara melafalkan nama sesembahan orang percaya dengan benar. 

Sadari dan berjuanglah untuk tidak mencampuradukkan pengertian bahasa (linguistik) dengan 
pengertian teologi (dogmatik/ aqidah). Perlu diketahui kelompok pengagung nama Yahweh ini telah 
mengedarkan Alkitab sendiri, yang sebenarnya secara tidak etis melakukan tindakan plagiat yaitu 
dengan cara menggunakan tanpa ijin karya terjemahan LAI (yang dikerjakan oleh puluhan ahli teologi 
dan bahasa yang mewakili mayoritas aliran gereja). Lalu mengganti beberapa istilah dalam Alkitab itu. 
Adalah gegabah bila satu orang atau kelompok yang tidak belajar teologi formal mau menggantikan 
kerja tim ahli itu dan menganggap karyanya sendiri paling benar dan karya yang lain itu salah. 

Juga tentang penggabungan seperti penulisan Tuhan Allah, bukan karena sekadar untuk keindahan 
kata, melainkan bermakna teologis. TUHAN [YHWH] adalah Nama Pribadi dari Allah yang disembah;
sedangkan penyebutan Allah untuk Yang Maha Esa, Maha Kuasa dan Pencipta Alam semesta. Jadi, 
penyebutan Tuhan Allah, bermakna Ia adalah Tuhan, Allah Yang Maha Esa, Maha Kuasa, Pencipta, 
dan penuh dengan kekuatan serta kemampuan Ilahi. Sehingga jika seseorang menyebut Nama-Nya itu, 
maka ia harus mencapai pangakuan bahwa Dia adalah Tuhan Allah atas segala sesuatu! Dan harus 
terlihat di tengahtengah hidup dan kehidupan nyata dari orang yang percaya kepada-Nya. Misalnya, 
pengakuan bahwa Tuhan itu Allah, Tuhan itu Esa,” Ul 5:7, 6:4; Kel 20:3. Ia telah menciptakan langit 
dan bumi serta seluruh isinya, dan yang tetap memelihara kita serta seluruh kehidupan sampai akhir 
zaman, Kej 1:2; Maz 24:1-2; 89:89; 104:1 dst; Kol 1:16. 

Allah telah menyatakan Diri-Nya kepada manusia dengan berbagai cara, Maz 19:2-3;  Rom 1:19-20, 
tetapi yang tersempurna melalui dan dalam Tuhan Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita!

Dari catatan sejarah yang nyata sesungguhnya: Kehidupan Umat Kristen di Indonesia sejak abad XVI 
telah menggunakan nama Allah dalam terjemahan Alkitab.  Dalam terjemahan bahasa Melayu dan 
Indonesia, kata “Allah” sudah digunakan terus menerus sejak terbitan Injil Matius dalam bahasa 
Melayu yang pertama (terjemahan Albert Corneliz Ruyl, 1629).  Begitu juga dalam Alkitab Melayu 
yang pertama (terjemahan Melchior Leijdekker, 1733) dan Alkitab Melayu yang kedua (terjemahan 
Hillebrandus Cornelius Klinkert, 1879) sampai saat ini. Dan perjalanan kehidupan serta pelayanan 
Gereja Tuhan di Indonesia telah berkembang dan diberkati sejak abad XVI walaupun menggunakan 
nama Allah.
  
Dan renungkanlah lebih dalam: Bapa Sorgawi tahu dan selalu lebih tertarik kepada hati kita. Hati yang 
tulus dan murni menyembah-Nya dengan menyebut Allah Abraham, Ishak dan Yakub, tanpa 
membayangkan menyembah dewa.  Bapa tidak menganggap itu menghujat Dia karena Bapa melihat 
hati yang mengasihi pribadi-Nya bukan hanya karena soal pelafalan nama-Nya. Sebaliknya memakai 
nama Yahweh atau El/Elohim tanpa menghormati Pribadinya sama dengan mencemarkan nama-Nya. 
Seperti Israel yang menyebut El/Elohim atau Yahweh tapi tidak hidup menurut jalanjalanNya 
sehingga Allah merasa jemu dan jijik akan korban bakaran mereka bahkan kemudian mereka 
dihukum oleh Dia. 

Karena itulah, daripada hanya ribut juga ribet mempersoalkan penggunaan apalagi sekadar pelafalan 
nama-Nya saja. Mari kita lebih mengasihi, lebih menghormati, lebih menyembah pribadi-Nya. Dan 
lebih menaati dan lebih dan lebih lagi melakukan perintah-Nya, dengan wujud mengasihi sesama 
dan seluruh kehidupan. "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap 
jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum 
yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada 
kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22: 37-40). Amin.



Tulisan & Foto: Lusindo Tobing.

15 Agustus 2014

Firman-Mu Menyelamatkan Kami!





Keluaran 14: 19-31


 Firman-Mu Menyelamatkan Kami!









Konteks perikop kali ini, kembali mengajak kita belajar dari peristiwa Penyeberangan Laut Merah (Penyeberangan Laut Teberau), yang dalam bahasa Ibrani disebut Kriat Yam Suph (bahasa Inggris: Crossing of the Red Sea). Bagian perjalanan bangsa Israel setelah mereka bisa keluar dari Mesir. Dipimpin oleh Allah langsung dan melalui kepemimpinan Nabi Musa. Allah memerintahkan Nabi Musa dan Bani (bangsa) Israel keluar dari perbudakan di Mesir dan pergi menuju tanah Kanaan yang telah dijanjikan kepada mereka.

Allah memerintahkan mereka keluar pada waktu malam. Awalnya Firaun membiarkan mereka pergi, setelah mengalami tulah semua anak sulung orang Mesir meninggal. Tetapi kemudian, Firaun mengejar Bangsa Israel ini dengan kereta hingga ke Laut Merah. Orang-orang Israel ketakutan karena mereka tidak dapat melawan dan pasti akan ditawan kembali.

Walaupun Bangsa Israel sudah menyaksikan tulah-tulah dahsyat yang Allah timpakan terhadap Mesir dan mengalami penyelamatanNya karena diluputkan dari tulah-tulah itu, iman mereka masih harus dilatih untuk terus percaya dan bersandar kepada-Nya. Itu sebabnya Allah memakai kekerasan hati Firaun untuk mengejar mereka. Allah membuat Firaun menyesal telah melepas Israel pergi, sehingga ia menghimpun pasukannya dan mengejar mereka.

Tuhan sudah tidak peduli atau terlambat untuk menolong? Itulah yang mungkin dirasakan oleh umat Israel saat melihat pasukan Firaun mendekat. Mereka menghadapi jalan buntu karena di hadapan mereka membentang Laut Teberau yang tak terseberangi. Musa memang sudah memberikan janji dan jaminan Tuhan bahwa mereka tidak akan ditangkap lagi oleh Firaun. Kenyataannya Firaun semakin dekat, sementara belum ada tindakan sama sekali, baik dari Musa maupun dari Tuhan. Namun justru pada saat itu Tuhan menyatakan kedaulatan-Nya. Ia tidak terlambat bertindak. Ia tidak tinggal diam, melainkan campur tangan dengan melakukan mujizat yang besar, yang pertama kali mereka saksikan seumur hidup mereka. Allah sekali lagi hendak memperlihatkan kepada Israel bahwa Dia berkuasa dan berfirman untuk menyelamatkan mereka.
Pertama, Allah melindungi Israel dengan tiang awan yang menggelapkan sehingga menghalangi tentara Mesir menghampiri mereka (ayat 19-20).

Kedua, Tuhan membelah Laut Teberau sehingga Israel bisa menyeberanginya dengan selamat (ayat 21-22). Nabi Musa menyatakan bahwa Allah bersamanya dan memberi firmanNya untuk menyelamatkan mereka. Coba baca lagi dan perhatikan ayat 26: Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ulurkanlah tanganmu ke atas laut, supaya air berbalik meliputi orang Mesir, meliputi kereta mereka dan orang mereka yang berkuda."
Ketiga, Allah membinasakan Firaun dan seluruh pasukan Mesir dengan menenggelamkan mereka di laut itu (ayat 28). Di ayat 30 dengan gamblang dinyatakan bahwa Tuhan Allah menyelamatkan bangsa Israel dengan FirmanNya:  Demikianlah pada hari itu TUHAN menyelamatkan orang Israel dari tangan orang Mesir. Dan orang Israel melihat orang Mesir mati terhantar di pantai laut.
 
Setelah Allah memberikan bukti kepada bangsa Israel siapa Diri-Nya, maka bangsa Israel menjadi takut dan percaya kepada Allah: Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan yang dilakukan TUHAN terhadap orang Mesir, maka takutlah bangsa itu kepada TUHAN dan mereka percaya kepada TUHAN dan kepada Musa, hamba-Nya itu (ayat 31)

Sedikit tambahan catatan menarik dari WikipediA, ada seorang bernama Ron Wyatt, arkeolog berkebangsaan Amerika Serikat, mengaku pernah menyelam di lokasi Penyeberangan Laut Merah ini dan mengambil foto roda kereta Mesir kuno pada tahun 1978. Lebih jelas bisa dibuka: Wyatt Archaelogical Research atau www.wyattmuseum.com

Tuhan Allah selalu bertindak tepat pada waktunya dalam kebuntuan, ketegangan, dan ketakutan yang sedang dihadapi setiap orang umatNya yang percaya. Dengan memberikan jalan keluar kepada mereka. Dia menyatakan kuasa-Nya. Pertama-tama dengan tiang awan-Nya yang membuat malam menjadi sangat gelap sehingga pasukan Mesir tidak dapat mendekati umat Israel semalam-malaman. Dengan memakai tongkat Musa yang diulurkan ke laut Teberau, Tuhan membelah laut tersebut sehingga terbentuk tanah kering untuk dilalui umat Israel ke seberang. Umat pun menyeberang dengan selamat. Dan akhirnya, dengan kuasa dahsyat-Nya atas alam, Ia menenggelamkan pasukan Firaun di laut Teberau hingga binasa.
Dan tidak ada kuasa “tentara dosa” atau kuasa “laut kejahatan” yang dapat mengatasi kuasa penebusan, pembenaran dan penyelamatan Allah.

Allah juga telah membuktikan diri-Nya sanggup menyelamatkan kita dari belenggu dosa dan melepaskan kita dari hukuman dosa melalui kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus. Adakah bukti yang lebih besar daripada itu? Kalau demikian seharusnyalah kita memercayakan diri dan hidup kita sepenuhnya kepada pengaturan dan kehendak Allah dalam hidup ini.

Tuhan Allah tidak pernah terlambat bertindak, kuasa-Nya yang dahsyat sanggup menyelesaikan masalah sebesar apapun! Karena itu jangan pernah kehilangan iman kita kepada Allah. Ia peduli, pasti bertindak menyelamatkan dalam kuasa dan kedaulatan FirmanNya.Amin.


Tulisan dan Foto: Lusindo Tobing.

05 Agustus 2014

Korban & Kasih Kristus




Efesus 4 : 31 - 32  s/d  Efesus 5 : 1 - 2.



KORBAN & KASIH KRISTUS




Ibadah sejati, jadikanlah persembahan.
Ibadah sejati: kasihilah sesamamu!
Ibadah sejati yang berkenan bagi Tuhan,
jujur dan tulus ibadah murni bagi Tuhan.

Itu adalah penggalan lagu gerejawi, tepatnya refrain  dari PKJ (Pelengkap Kidung 
Jemaat)264. Mengingatkan bahkan mengajar kita semua bahwa ibadah yang sejati 
adalah mempersembahkan tubuh dan hidup kita bagi kemuliaanNya. Jujur dan tulus 
hati mengasihi Tuhan dengan wujud mengasihi sesama manusia dalam kehidupan 
sehari-hari. 

Oleh karena itu Paulus kepada Jemaat di Efesus memberikan beberapa penekanan, 
yaitu: [1] Moralitas bagi kehidupan orang Kristen, di antaranya tidak berkata dusta, 
mampu mengendalikan diri dalam keadaan marah, tidak emosional, dan menjaga 
tutur kata sehingga tidak berkata kotor (Efesus 4:31); [2] Landasan kehidupan yang 
telah diletakkan oleh Kristus, yaitu kasih-Nya yang dalam untuk umat-Nya sehingga Ia 
rela menyerahkan diri sebagai persembahan korban yang harum bagi Allah (Efesus 5:2).

Firman Tuhan melalui Paulus kali ini menegaskan agar kita, sebagai jemaat, berjuang 
mempraktikkan pola kasih Kristus ini dalam kehidupan mereka, bukan saja sebagai 
suatu keharusan tetapi juga sebagai tanda atau bentuk keunikan dalam kehidupan 
Kristen. Di zaman sekarang ini, sulit menemukan orang atau keluarga Kristen yang 
memiliki pola hidup seperti ini. Artinya, tidak semua orang Kristen dapat 
mempraktikkan prinsip mengasihi dan mengampuni seperti anjuran Paulus. Akan tetapi 
jangan kita mengartikan kesulitan itu sama dengan tidak mungkin. 

Tuhan Yesus Kristus telah mencontohkan hal tersebut. Mau berkorban menebus dosa-
dosa kita, dengan KasihNya yang sangat besar. Karena Kristus telah melakukannya untuk 
kita, maka hal-hal yang tidak mungkin bagi kebanyakan orang menjadi mungkin bagi kita. 
Dengan Kasih Tuhan Yesus Kristus, kita dimampukan mau berkorban bagi sesama manusia 
(mengasihi, mengampuni, melayani dan yang lainnya). Sebagai persembahan yang harum 
dan ibadah yang sejati bagi Tuhan.  Amin.


Tulisan & Foto: Lusindo Tobing.