18 Agustus 2014

PENGGUNAAN KATA ALLAH




PENGGUNAAN KATA ALLAH





Sesungguhnya kata Allah berasal dari rumpun bahasa Aram, yaitu Al dan Ilah. Kata Ilah diartikan 
sebagai Tuhan (TUHAN) yang disembah dan Yang Maha Kuasa. Penambahan kata sandang Al
sehingga menjadi Al-Ilah. Kata Allah dipakai sebagai penyebutan nama Pribadi untuk menyebut 
Yang Maha Esa, Maha Kuasa dan Pencipta Alam semesta. 

Kata Allah sudah ada dan dikenal sejakmasa awal (konteks Perjanjian Lama) masyarakat Timur Tengah.
Misalnya, Abraham, Ishak, Yakubsudah menyembah El yang Esa, di Alkitab bahasa Indonesia, 
menggunakan kata Allah.Demikian juga, suku Hanif di jazirah Arab, mereka sudah melakukan 
penyembahan bersifat monotheis.Penduduk kota Mekah [sebelum munculnya Agama Islam] juga 
mempunyai keyakinan pada Allahsebagai Pencipta langit dan bumi, mengatur tata surya, menguasai 
iklim dan musim dan lain sebagainya.

Tetapi ada sekelompok orang yang katanya ingin menjaga kemurnian nama yang disembah orang Kristen itu ternyata telah menimbulkan dampak konflik intern yang menjurus kepada perpecahan.
Sangat memprihatinkan kalau di satu gereja orang berdoa, “Kami usir roh Allah”, sedangkan di gereja 
lain umat berdoa, “Penuhi kami dengan Roh Allah”.  Apakah ini tidak mengoyak tubuh Kristus?  
Akibatnya akan muncul jemaat sempalan yang membentuk gereja baru karena pemahaman yang 
kurang luas tentang teologi dan perkembangan latar belakang budaya serta bahasa. 

Sejauh ini di Indonesia belum pernah ada kasus konflik melibatkan IslamKristen yang dipicu 
persoalan nama Allah.  Sebaliknya bila kita menyebut nama Allah sebagai dewa air atau dewa bulan 
yang disembah orang Arab dan Islam, bukankah itu merupakan penyebar ketidakbenaran yang bisa 
mengakibatkan pertikaian?  Bagi Islam sendiri bulan tidak dianggap sebagai Tuhan, lambang bulan 
hanyalah sebagai petunjuk ritme waktu (kalender lunar).  Sebenarnya masalah nama Allah di Indonesia 
justru banyak ditimbulkan oleh kalangan Kristen sendiri. Misalnya dengan munculnya tulisan yang 
cenderung menyudutkan dan merendahkan arti kata “Allah”.

Mengenai permasalahan yang terjadi di Negara tetangga kita, Malaysia, tentang penyebutan “Allah”, 
cukup menarik memperhatikan pendapat yang disampaikan oleh Nahdlatul Ulama dalam Okezone.com:
NU sebagai Organisaasi Kemasyarakatan berbasis massa Islam terbesar di Indonesia, menyayangkan 
terbitnya keputusan pelarangan penggunaan kata “Allah” untuk penyebutan nama Tuhan oleh 
non-Muslim. Keputusan itu terjadi di Malaysia. 
 
“Kami menyayangkan adanya keputusan itu, karena ahlul kitab mereka, ahlul kitab-nya Kristen dan 
Yahudi itu menyebut nama Tuhan dengan kata Allah,” ungkap Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 
Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj dalam keterangan pers. Yang membedakan Islam dengan Kristen 
dan Yahudi adalah adanya kemusrikan dan akhlak tak mulia. Jika Kristen dianggap musyrik karena 
menyekutuhan Allah, yaitu memiliki ruhil qudus dan Yesus sebagai Tuhan selain Allah, sementara 
Yahudi hanya memiliki Allah sebagai Tuhan, namun akhlaknya tidak mulia. 
 
Kiai Said yang tercatat bergelar Doktor lulusan Universitas Ummul Qura’, Mekah, juga mengatakan, 
penyebutan nama Tuhan yang berbeda bisa diterapkan untuk Hindu dan Budha, yang di kitab sucinya 
secara jelas disebutkan berbeda. (sumber: Okezone.com, 21 Okt 2013).

Dalam Alkitab [LAI, TB], pemakaian kata Tuhan Allah [Alkitab bahasa Ibrani, YHWH EL] sebanyak 
57 kali dan  hanya pada PL; sedangkan kata Tuhan Allah, sebanyak 9 kali [satu kali dalam PL dan 
8 kali di PB]. Pemakaian tersebut diterjemahkan dari YHWH El [bahasa Ibrani] dan Kyrios Theos 
[bahasa Yunani]. Semuanya menunjukkan bahwa Allah yang dipercaya dan disembah oleh orang 
Kristen adalah TUHAN.Semua umat percaya perlu bersatu untuk melaksanakan hal yang lebih positif  
dan berbuah nyataseperti melaksanakan Amanat Agung Yesus. Daripada meributkan masalah yang 
sebetulnya tidakterlalu esensial seperti cara melafalkan nama sesembahan orang percaya dengan benar. 

Sadari dan berjuanglah untuk tidak mencampuradukkan pengertian bahasa (linguistik) dengan 
pengertian teologi (dogmatik/ aqidah). Perlu diketahui kelompok pengagung nama Yahweh ini telah 
mengedarkan Alkitab sendiri, yang sebenarnya secara tidak etis melakukan tindakan plagiat yaitu 
dengan cara menggunakan tanpa ijin karya terjemahan LAI (yang dikerjakan oleh puluhan ahli teologi 
dan bahasa yang mewakili mayoritas aliran gereja). Lalu mengganti beberapa istilah dalam Alkitab itu. 
Adalah gegabah bila satu orang atau kelompok yang tidak belajar teologi formal mau menggantikan 
kerja tim ahli itu dan menganggap karyanya sendiri paling benar dan karya yang lain itu salah. 

Juga tentang penggabungan seperti penulisan Tuhan Allah, bukan karena sekadar untuk keindahan 
kata, melainkan bermakna teologis. TUHAN [YHWH] adalah Nama Pribadi dari Allah yang disembah;
sedangkan penyebutan Allah untuk Yang Maha Esa, Maha Kuasa dan Pencipta Alam semesta. Jadi, 
penyebutan Tuhan Allah, bermakna Ia adalah Tuhan, Allah Yang Maha Esa, Maha Kuasa, Pencipta, 
dan penuh dengan kekuatan serta kemampuan Ilahi. Sehingga jika seseorang menyebut Nama-Nya itu, 
maka ia harus mencapai pangakuan bahwa Dia adalah Tuhan Allah atas segala sesuatu! Dan harus 
terlihat di tengahtengah hidup dan kehidupan nyata dari orang yang percaya kepada-Nya. Misalnya, 
pengakuan bahwa Tuhan itu Allah, Tuhan itu Esa,” Ul 5:7, 6:4; Kel 20:3. Ia telah menciptakan langit 
dan bumi serta seluruh isinya, dan yang tetap memelihara kita serta seluruh kehidupan sampai akhir 
zaman, Kej 1:2; Maz 24:1-2; 89:89; 104:1 dst; Kol 1:16. 

Allah telah menyatakan Diri-Nya kepada manusia dengan berbagai cara, Maz 19:2-3;  Rom 1:19-20, 
tetapi yang tersempurna melalui dan dalam Tuhan Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita!

Dari catatan sejarah yang nyata sesungguhnya: Kehidupan Umat Kristen di Indonesia sejak abad XVI 
telah menggunakan nama Allah dalam terjemahan Alkitab.  Dalam terjemahan bahasa Melayu dan 
Indonesia, kata “Allah” sudah digunakan terus menerus sejak terbitan Injil Matius dalam bahasa 
Melayu yang pertama (terjemahan Albert Corneliz Ruyl, 1629).  Begitu juga dalam Alkitab Melayu 
yang pertama (terjemahan Melchior Leijdekker, 1733) dan Alkitab Melayu yang kedua (terjemahan 
Hillebrandus Cornelius Klinkert, 1879) sampai saat ini. Dan perjalanan kehidupan serta pelayanan 
Gereja Tuhan di Indonesia telah berkembang dan diberkati sejak abad XVI walaupun menggunakan 
nama Allah.
  
Dan renungkanlah lebih dalam: Bapa Sorgawi tahu dan selalu lebih tertarik kepada hati kita. Hati yang 
tulus dan murni menyembah-Nya dengan menyebut Allah Abraham, Ishak dan Yakub, tanpa 
membayangkan menyembah dewa.  Bapa tidak menganggap itu menghujat Dia karena Bapa melihat 
hati yang mengasihi pribadi-Nya bukan hanya karena soal pelafalan nama-Nya. Sebaliknya memakai 
nama Yahweh atau El/Elohim tanpa menghormati Pribadinya sama dengan mencemarkan nama-Nya. 
Seperti Israel yang menyebut El/Elohim atau Yahweh tapi tidak hidup menurut jalanjalanNya 
sehingga Allah merasa jemu dan jijik akan korban bakaran mereka bahkan kemudian mereka 
dihukum oleh Dia. 

Karena itulah, daripada hanya ribut juga ribet mempersoalkan penggunaan apalagi sekadar pelafalan 
nama-Nya saja. Mari kita lebih mengasihi, lebih menghormati, lebih menyembah pribadi-Nya. Dan 
lebih menaati dan lebih dan lebih lagi melakukan perintah-Nya, dengan wujud mengasihi sesama 
dan seluruh kehidupan. "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap 
jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum 
yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada 
kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." (Matius 22: 37-40). Amin.



Tulisan & Foto: Lusindo Tobing.