08 Januari 2017

Refleksi Minggu pertama Januari 2017



1 Petrus 1: 13-16

GKJ Nehemia Mewujudkan Gereja yang Proaktif bagi Kehidupan
 
foto oleh: Cahyo Bruri Sasmito.
 

            Kita sangat bersyukur kepada Tuhan Allah, sebagai salah satu gereja-Nya yaitu komunitas orang percaya Gereja Kristen Jawa (GKJ) Nehemia tepat di hari Minggu ini, tanggal 1 Januari 2017 genap berusia 46 tahun. Usia perjalanan yang panjang dari kebersamaan persekutuan umat Allah, serta pertumbuhan iman, pengharapan dan kasih seluruh majelis, komisi, panitia, tim, bebadan dan khususnya seluruh wilayah.

            Rasul Petrus dengan bantuan Silas sebagai juru tulisnya menegaskan, bahwa kita adalah umat tebusan Allah yang dilahirkan kembali karena pengorbanan Kristus, penebusan yang mahal dari bayi Natal - Sang Putra Allah. Merespon pengorban-Nya itu, GKJ Nehemia terpanggil menjadi umat-Nya yang kudus (ayat 16), dan mau berupaya menjadi gereja yang proaktif (lebih aktif) taat memberlakukan firman Allah serta berbagi kasih kepada manusia dan seluruh kehidupan (ayat 14). Sepakat untuk tahun baru 2017 semua anggota jemaat, tamu dan simpatisan GKJ Nehemia menjawab panggilan Allah untuk memanifestasikan komunitas kasih karunia Kristus. Mengalir dalam manifestasi lebih nyata sehari-hari.

            Mari menjadi GKJ Nehemia yang “lebih baru,” GKJ yang hospitable: lebih terbuka dan bersedia bekerjasama dengan sesama gereja-gereja, namun juga dengan Carrefour Lebak Bulus, Pemadam Kebakaran, Point Square, Proyek MRT, dan lain-lain, bahkan lebih indah berkomunikasi dengan pihak berwajib (khususnya kepolisian dan TNI), pelayanan kasih bersama Kelurahan, Kecamatan, Kota dan seterusnya, juga dengan masyarakat dan lembaga masyarakat sekitar dekat lingkungan GKJ Nehemia dan yang jauh sekalipun –di luar Jakarta bahkan di luar negeri-. Lebih rendah hati dan lebih bersyukur atas banyak berkat yang telah dan selalu dikaruniakan Allah, berwujud lebih aktif menjalin kasih persaudaraan dengan berbagai komunitas suku, bangsa, dan bahkan semua agama yang berbeda. GKJ Nehemia proaktif membawa damai-kebahagiaan bagi kehidupan bersama Jakarta, Indonesia dan dunia. “Sugeng Warsa Enggal 2017, Sugeng Ambal Warsa kaping 46 GKJ Nehemia, Gusti mberkahi kita sedaya” (Selamat Tahun Baru 2017, Selamat Ulang Tahun ke-46 GKJ Nehemia, Tuhan memberkati kita semua). Amin.         

Pdt. Lusindo Tobing

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar