25 Juli 2011

refleksi minggu keempat Juli 2011


MAMPU MEMBEDAKAN

I Raja-raja 3: 1-15


Apa jawab kita jika suatu waktu Allah datang bertanya sekaligus berfirman,”Apa yang kau mau agar Kuberikan padamu?” Kemungkinan besar kita akan sangat kesulitan menentukan atau menyusun daftar permintaan kepadaNya.

Firman Tuhan kali ini mengajarkan kita melalui Hikmat Salomo, untuk meminta dan berdoa yang baik! Permintaan yang baik bahkan doa yang baik pastilah berisi hal-hal yang baik di mata Tuhan, bukan hanya di mata manusia. Inilah yang kita serap dari bagian ayat 10, “Lalu adalah baik di mata Tuhan bahwa Salomo meminta hal yang demikian.” Hal yang bagaimana?

Adalah saat Salomo muda mempersembahkan seribu korban. Ya, seribu korban bakaran di atas mezbah di Gibeon. Sehingga dalam mimpinya Allah berfirman, ”Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.” (4-8) Dan jawab Salomo sangat luarbiasa, permintaan yang sangat baik, doa yang indah sekali, “Maka berikanlah kepada hambaMu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umatMu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umatMu yang sangat besar ini?” (Ayat 9).

Mari jadi seperti anak-anak yang mau diajar. Agar memiliki hati penuh hikmat juga pikiran penuh pengertian, hingga kita mampu membedakan antara yang baik dan yang jahat! Kemudian hidup bersikap membenci yang jahat, dengan berjuang keras untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan jahat.

Namun sebaliknya, menyetujui hal-hal yang baik. Hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya (ayat 14). Bahkan mendukung dan berjuang sungguh-sungguh memberlakukan nyata, perbuatan pelayanan yang berkenan di mata Tuhan saja. Membedakan, menetapkan, lalu nyata melakukan, yang baik! Amin.




tulisan & foto: Lusindo Tobing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar