08 Juli 2015

Refleksi Minggu Kedua Juli 2015


Efesus 1: 3-14



JAMINAN ROH KUDUS






Mari lebih jeli perhatikan cuplikan ayat 13, ”Di dalam Dia kamu juga --, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.” Rupanya Pemeteraian Roh Kudus tidak terjadi sesudah keselamatan, tetapi terjadi serentak dengan percaya dan selamat. Pelayanan pemeteraian Roh Kudus disebutkan beberapa kali dalam Perjanjian Baru (baca misalnya: 2 Kor. 1:22; Ef. 4:30). Sebuah meterai merupakan tanda kepemilikan. Dan jaminan Roh Kudus sendirilah meterai kita. Kehadiran-Nya menjamin keselamatan kita. 

Maka diminta pertanggungjawaban kita, sebagai anak-anakNya (baca ayat 5) yang telah dipilih, dimilikiNya dan kemudian mendapatkan jaminan. Yakni agar kita berjuang memelihara kekudusan iman (baca juga ayat 4), kuat dalam berpengharapan serta tidak putus-putusnya berdoa serta membagikan Kasih Allah bagi sesama manusia. Karena darah Tuhan Yesus Kristus adalah harga yang telah dibayar untuk membebaskan kita dari perhambaan dosa. (dan baca juga ayat 7). 

Menjamin bahwa segala sesuatu akan diberikan. Penebusan yang menjadikan kita milik Allah. Dengan Tuhan Yesus Kristus telah menebus kita. Dan yang telah hadir sebagai Roh Kudus dalam tiap hati kita. Rentetan reflektif ini menakjubkan! DilanjutkanNya terus hingga Keselamatan Sempurna. Sehingga selalu kita menemukan alasan memuji kemuliaan-Nya. Memuji dengan setia, mengasihiNya, dengan lebih mantap mengasihi siapapun juga. Menjadi formula mengingatkan kita akan Kasih Allah Tritunggal –Bapa, Anak dan Roh Kudus-. Dan dengan Roh Kudus, kita mendapat jaminan kehidupan yang kemarin, sekarang bahkan jaminan akan masa depan: Keselamatan kekal abadi di sorga! Amin.


Tulisan & Foto: Lusindo Tobing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar